Pengertian Lengkap IP Address dan Fungsinya

IP Address adalah angka yang mewakili perangkat di jaringan internet. Sama seperti alamat surat yang mewakili lokasi rumah Anda. Biasanya terdiri dari serangkaian angka yang dipisahkan oleh titik. Rangkaian angka ini biasa disebut sebagai okte  dan rentang angka lengkapnya berkisar dari 0.0.0.0 hingga 255.255.255.255.

Vendor keamanan jaringan yang berbasis di Seattle, Washington, WatchGuard Technologies, menyebutkan, IP sendiri merupakan singkatan dari “Internet Protocol,” yang merupakan seperangkat aturan untuk mengatur format data yang dikirim melalui internet atau jaringan lokal. Sementara itu, laboratorium penyedia keamanan siber dan anti-virus multinasional Rusia, Kaspersky Lab, menyebutkan alamat IP adalah pengidentifikasi yang memungkinkan informasi dikirim antar perangkat di jaringan.

Pengertian Lengkap IP Address dan Fungsinya

Alamat tersebut berisi informasi lokasi yang membuat perangkat dapat diakses untuk komunikasi sehingga dianggap penting. Internet membutuhkan cara untuk membedakan antara komputer, router, dan situs web yang berbeda.

IP Address tidak acak, serangkaian nomor yang menjadi identitas seseorang saat menjelajah internet ini secara matematis diproduksi dan dialokasikan oleh Internet Assigned Numbers Authority atau IANA, sebuah divisi dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers atau ICANN.

ICANN merupakan sebuah organisasi nirlaba yang didirikan di Amerika Serikat pada 1998 untuk membantu menjaga keamanan internet dan memungkinkannya dapat digunakan oleh semua orang. Setiap kali seseorang mendaftarkan domain di internet, mereka melalui pendaftar nama domain, yang membayar sedikit biaya kepada ICANN untuk mendaftarkan domain tersebut.

Perangkat Anda secara tidak langsung terhubung ke internet dengan menghubungkan terlebih dahulu ke jaringan yang terhubung ke internet, yang kemudian memberikan perangkat Anda akses ke internet. Saat Anda berada di rumah, jaringan yang Anda gunakan mungkin adalah Penyedia Layanan Internet atau Internet service provider (ISP). 

Sementara saat Anda di tempat kerja, jaringan yang Anda gunakan akan berubah menjadi jaringan perusahaan Anda. Alamat IP Anda ditetapkan ke perangkat Anda oleh ISP tersebut.

Begini prosedurnya, aktivitas internet yang Anda lakukan akan melewati ISP, kemudian ISP akan mengarahkannya kembali kepada Anda menggunakan alamat IP Anda.

Hal ini karena mereka memberi Anda akses ke internet, sehingga ISP juga berperan untuk menetapkan alamat IP ke perangkat Anda. Namun, alamat IP Anda dapat berubah. Misalnya, menyalakan atau mematikan modem atau router Anda dapat mengubahnya karena mungkin ISP-nya berbeda.

Alamat IP setiap komputer bersifat unik, maksudnya adalah setiap komputer memiliki alamat IP yang berbeda-beda. Tidak mungkin ada dua komputer dengan IP Address yang sama. IP Address juga bisa diartikan sebagai identitas yang diberikan kepada suatu alat seperti komputer, router, atau printer pada suatu jaringan yang menggunakan Internet Protocol sebagai alat komunikasi.

Pengertian IP Address dan Fungsinya

Apa definisi alamat IP? inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh siswa. Meski termasuk materi yang mudah untuk dikuasai tapi fakta tak semua mampu menjawab pertanyaan secara tepat.

Mayoritas siswa hanya mengartikan IP address sebagai digit code yang merepresentasikan alamat untuk mengakses internet saja. Padahal jika dijabarkan kembali pengertian IP address lebih dari itu.

Apa Itu IP Address

IP Address adalah memiliki kepanjangan Internet Protocol Address, yaitu sebuah deretan angka biner antara 32bit sampai 128bit yang digunakan sebagai alamat identifikasi pada setiap komputer dalam jaringan.

Angka biner 32 bit digunakan untuk alamat IPv4 sedangkan 128bit digunakan untuk alamat IPv6 untuk menunjukkan alamat dari komputer pada jaringan TCP/IP.

Fungsi dari IP Address :

  1. Sebagai alat identifikasi host atau antarmuka pada suatu jaringan.
  2. Sebagai alamat lokasi jaringan.

Untuk lebih jelas mengenai kedua fungsi di atas, dilahkan simak penjelasan di bawah ini.

Sebagai alat identifikasi host atau antarmuka pada suatu jaringan

Fungsi pertama ini bisa diartikan sebagai identifikasi atau pengenalan. Kita ketahui bahwasannya setiap komputer memiliki alamat IP yang unik atau yang hanya dimiliki oleh komputer itu saja. Jadi, alamat IP yang unik itu akan digunakan untuk mengenali sebuah komputer, router, ataupun printer pada suatu jaringan.

Sebagai alamat lokasi jaringan

Fungsi kedua ini bisa diartikan sebagai pemberitahu keberadaan atau lokasi komputer tersebut. Untuk memudahkan pengiriman paket data, maka IP Address akan memuat semua informasi mengenai keberadaannya karena untuk memberitahukan adanya rute yang harus dilewati agar data yang dikirim dapat sampai kepada komputer tujuan.